Senin, 06 Juni 2022

Analisa Penerapan E-Government Yang Dilakukan Pemerintah Kota Vancouver

Analisa Penerapan E-Government Yang Dilakukan Pemerintah 
Kota Vancouver 



    Sudah banyak masyarakat dunia tau bahwa banyak sekali manfaat dari Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi, Pemanfaatan teknologi dan informasi dapat dijumpai dalam segala lini kehidupan masyarakat. Keberadaannya memiliki efek yang cukup besar bagi pola aktivitas masyarakat yang belakangan semakin tidak bisa terlepas dari teknologi dan informasi. Kehidupan suatu negara dipengaruhi oleh berbagai macam hal, meliputi kondisi politik, sosial, hukum, dan sebagainya. Kesemua aspek tersebut tentunya memerlukan suatu sistem yang mampu mengintegrasikan keseluruhan kegiatannya sehingga mampu bersinergi satu sama lain membentuk iklim bernegara yang kondusif. Hal tersebut dapat dicapai salah satunya dengan bantuan teknologi informasi. Dalam kaitannya dengan pemerintahan, kemajuan teknologi dan informasi juga telah terbukti dapat menyumbang peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat seiring dengan berkembangnya E-government dalam praktik pemerintahan. Salah satu bentuk pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi dalam bidang pelayanan pemerintah yaitu adanya sistem pelayanan secara online (e-Service) dengan memanfaatkan jaringan internet yang dapat diakses masyarakat dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

     Pemerintah kota Vancouver (sebuah kota di Provinsi Britsh Columbia, Kanda) telah menerapkan sistem e-government atau layanan birokrasi berbasis teknologi informasi yang sudah diterapkan sejak lama. Pemerintah kota Vancouver menyadari betul akan hal pentingnya pemanfaatan E-government, hal ini karna E-government adalah bentuk upaya pemanfaatan dan pendayagunaan telematika untuk meningkatkan efisiensi dan Cost-Effective pemerintahan, Memberikan berbagai jasa pelayanan kepada masyarakat secara lebih baik, Menyediakan akses informasi kepada publik secara lebih luas, dan Menjadikan penyelenggaraan pemerintahan lebih bertanggung jawab (accountable) serta transparan kepada masyarakat. Kota yang dimana memiliki daerah metropolitan terbesar di Kanada bagian barat dan ketiga terbesar di Kanada. Daerah metropolitan Vancouver ini juga didiami oleh 2.132.824 Vancouverites, sebutan untuk penduduk Vancouver, termasuk 583.296 jiwa di kota Vancouver sendiri. Wali kota Vancouver terbaru adalah Kennedy Steward, yang menjabat sejak tahun 2018. Vancouver diatur oleh sebelas anggota Dewan Kota Vancouver, sembilan anggota Dewan Sekolah, dan tujuh anggota Dewan Taman, yang semuanya melayani masa jabatan empat tahun. 

    Tidak seperti biasanya untuk kota seukuran Vancouver, semua pemilihan kota dilakukan secara besar-besaran. Secara historis, di semua tingkat pemerintahan, sisi barat Vancouver yang lebih makmur telah memilih di sepanjang garis konservatif atau liberal sementara sisi timur kota telah memilih di sepanjang garis sayap kiri. Hal ini ditegaskan kembali dengan hasil pemilihan provinsi 2005 dan pemilihan federal 2006. Dibuka pada tahun 1936, Balai Kota Vancouver adalah rumah bagi Dewan Kota Vancouver. Meskipun terpolarisasi, konsensus politik telah muncul di Vancouver seputar sejumlah masalah. Perlindungan taman kota, fokus pada pengembangan angkutan cepat sebagai lawan dari sistem jalan bebas hambatan, pendekatan pengurangan dampak buruk penggunaan narkoba ilegal, dan perhatian umum tentang pembangunan berbasis masyarakat adalah contoh kebijakan yang mendapat dukungan luas di seluruh spektrum politik di Vancouver. 

    Melalaui essay yang saya buat ini, saya akan melakukan Analisa terhadap cara Pemerintah Kota Vancouver melakukan upaya dalam mengembangkan penyelenggaraan pelayanaan pemerintahan yang berbasis elektronik dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui e-government yang mereka terapkan. Kita bisa melihat upaya Pemerintah Kota Vancouver dalam mengembangkan penyelenggaraan pelayanaan pemerintahan yang berbasis elektronik. Dengan meng-akses melalui Website Resmi Pemerintah Kota Vancouver atau melalui link berikut ini https://vancouver.ca jika kita sudah meng-aksesnya kita bisa melihat halaman pertama beranda website. Didalam halaman beranda tersebut kita bisa melihat terdapat beberapa fitur-fitur di bar menu seperti di bagian paling atas web terdapat beberapa fitur yang dapat di pilih kita sebagai warga local maupun wisatawan asing yaitu : Fitur “kontak”,dalam fitur ini kita bisa mengobrol langsung melalui chat yang terhubung langsung ke bagian kota fitur chat ini tersedia pada jam 9 pagi hingga 4 sore. Tidak itu saja kalian juga bisa laporkan masalah atau minta layanan dan ada juga fitur feedback atau umpan balik, komentar dan juga pertanyaan. 

    Ada lagi masih fitur yang sama di bagian kontak yaitu anda bisa mencari karyawan kota Vancouver dan juga anda dapat mengetahui info tentang kapan jam aktif dari balai kota Vancouver. Fitur “Penerjemah”, dalam fitur ini sangat berguna bagi kita yang bukan warga local Vancouver karena fitur ini bisa di bilang sangat ramah bagi wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Vancouver. Fitur ini bisa mengubah atau menerjemahkan yang awalnya dalam Bahasa inggris menjadi Bahasa yang kita inginkan terdapat berbagai Bahasa dari manca negara. Fitur ini sangat berguna sekali dan sangat membantu yang bukan warga local. Fitur “Karir” dalam fitur ini sangat berguna untuk warga local yang ingin mencari pekerjaan di Vancouver. Pemerintah juga memberi apa saja yang akan mereka dapatkan jika mereka mendaftar melalui website ini yaitu akan ada rangka setahun sekali yaitu karyawan terbaik, perusahaan terbaik dan masih banyak lagi. Bukan hanya pekerjaan saja tapi juga ada beberapa komunitas yang membuka member pada website ini. Dan juga ada lowongan pada kerjaan sipil seperti kepolisisan, komisi ekonomi, dan masih banyak lagi. Fitur “Panduan” seperti pada judul fiturnya panduan ini tidak terkhususkan untuk wisatawan tapi malah lebih condong ke warga karena pada fitur ini warga local di pandu cara untuk membeli rumah, mengemudi dan parkir, menjalankan atau mengoperasikan bisnis kecil, memulai dan mengembangkan bisnis kecil, pembuangan limbah yang tepat, rute bersepeda, dan tempat wisata yang ingin anda kunjungi. 

     Fitur “Pelayanan Online” pada fitur ini kita diberi akses untuk login ke akun Vanconnect yang dimiliki oleh warga local. Kita bisa mengakses laman seperti pajak propertis, melihat data dan peta, bisa melaporkan masalah dan bangunan pengembangan. Di bawahnya ada fitur berupa layanan dan alat online seperti rekreasi, parkir, karir, lisensi bisnis, lisensis anjing, perumahan, pemerintah dan izin alarm. Lalu di bawah lagi ada fitur aplikasi seluler yaitu seperti Vanconnect, koleksi Van, parkir bayar melalui telepon, tap peta, VPL seluler dan Vangolf. Lalu masih di bagian atas website kita diberikan fitur yang hampir sama funsinya seperti di atas yaitu info tentang apa saja yang ingin kita cari seperti beberapa yang saya ambil : Fitur Green Vancouver, Dalam fitur ini pemerintah menjelaskan tentang peduli lingkungan yang harus tetap di jaga, mengajak masyarakat peduli pada masa depan yang ramah lingkungan, memiliki starategi adaptasi perubahan iklim pada masa yang akan dating, rencana operasi hijau, rencana aksi menjadi kota terhijau, dan nol limbah pada tahun 2040. Menurut saya fitur ini sangat berguna sekali apabila masyarakat di sana mengikuti layanan pemrintah ini. 

    Fitur Your Government, Pada fitur ini pemerintah menjelaskan betapa penting keterlibatan warga local kepada bentuknya kota Vancouver ini. Dalam fitur ini memberitahu siapa saja dewan pemerintahan yang aktif di kota Vancouver ini seperti info dewan kota dan dewan taman Vancouver. Serta keterlibatan warga dalam perkembangan kota Vancouver ini. Fitur About Vancouver, Di fitur ini menjelaskan tentang bagaimana Vancouver di pandang oleh dunia di fitur ini juga menjelaskan bagaimana anda bisa menjadi warga Vancouver, pusat media, berkeliling di Vancouver, kalender acara, berita tentang kota Vancouver. Fitur People and Programs, Di Fitur ini kita diberitahu bahwa banyak akses-akses yang dapat membantu kita seperti bagaimana menemukan sewa perumahan, bagaimana cara berdonasi dan menjadi sukarelawan, bagaimana cara kita mengikuti suatu komutis dan yang terakhir ada fitur Vancouver sehat yang mana fitur ini berguna untuk melihat cara pemerintah memperdulikan kesehatan masyarakat setempat, Fitur Streets and Transportation, Fitur berikut ini adalah bentuk pemerintah dalam menginformasikan mana saja jalan yang ditutup yang disebabkan konstruksi, bagaimana membayar parkir dan membayar derek dan menginformasikan jalan mana yang harus dilalui oleh pejalan kaki, pesepeda dan angkutan umum. 

    Fitur Doing Business, Fitur yang selanjutnya adalah cara pemerintah melakukan dukungan masyarakat local dalam membuat bisnis, tidak hanya itu di fitur ini juga dijelaskan bagaimana izin membuka usah dan difitur ini diberitahu bagaimana pertumbuhan ekonomi yang ada di Vancouver. Fitur What’s New, Mari kita pindah ke bagian tengan website, dibagian tengah website ini terdapat fitur yaitu “apa yang baru” pada fitur ini kita diberitahu tentang informasi apa saja yang terjadi atau sedang hangat dan mungkin rencana apa yang akan di lakukan oleh pemerintah Vancouver seperti informasi rekreasi yaitu beberapa kolam renang terbuka yang sudah buka setelah lama karena pandemic, lalu ada informasi renana pemerintah yang ingin merencanakan perubahan koridor Cambie dan tentu saja berita tentang COVID-19. Fitur Parks, Recreation, and Culture, Jika geser lagi lebih bawah anda akan melihat fitur yang sangat berguna bagi wisatawan asing maupun local karena di fitur ini kita di berikan informasi mengenai wisata yang ada di Vancouver. Pemerintah juga menyajikan fasilitas dan jadwal yang sangat lengkap tentang taman-taman yang ada di Vancouver. 

    Jika anda ingin berpergian ke teater atau semacamnya maka anda harus memilih fitur teater dan ruang pertunjukan di sana pemerintah sudah menyajikan tempat apa saja yang wajib kita kunjungi Ketika kita berpergian ke Vancouver yaitu mangkuk Malkin, pusat seni Jericho, puat seni dan budaya Moberly, bangsal lokomotif dll. Fitur News Seperti yang tertera pada fitur nya laman berita ini menyajikan berita yang sangat akurat karena berita ini di unggah oleh wesite resmi pemerintah Vancouver. Dan disamping laman berita kita juga bisa melihat laman acara atau event yang akan berlangsung kedepannya di kota Vancouver. Fitur Tweets, Pada bagian bawah web ini terdapat cuitan twitter yang dapat kita lihat secara langsung, dengan nama akun “City of Vancouver”. Ini juga termasuk Langkah yang sangat bagus karena pemerintah juga aktif di media social besar contohnya twitter. Sejauh yang saya lihat twitter dari pemerintah ini juga aktif membagikan berita melalui cuitan di akun itu. Ini merupakan Langkah yang bagus bagi pemerintah karena supaya lebih dekat dengan warga lokalnya. Seperti pada website pemerintahan lainnya mereka juga aktif di media social seperti facebook, intagram, linkedin dan juga youtube. 

    Website Resmi Pemerintah Kota Vancouver merupakan salah satu bentuk aplikasi e-government yang dirancang secara sistematik melalui tahapan yang realistik. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa Website ini pula memiliki Kekurangan dan Kelebihan didalamnya Kelebihan, menurut saya Pemerintah Kota Vancouver dalam melakukan Pengelolaan e-government sudah dengan baik terlaksana, mulai dari Penyampaian Informasi mengenai (Pendidikan, Kesahatan, Administrasi, kegiatan yang dilakukan pemerintah kota , dll ) , keterbukaan Informasi, melakukan pelayanan kepada publik itu sudah berjalan dengan baik dan lancer. Salah satu fitur yang diunggulkan didalam website ini adalah Fitur Tweets yang mana menandakan bahwa pemerintah Kota Vancouver juga aktif dalam bersosial media. Kekurangan, Website ini yang saya rasakan adalah ada beberapa menu yang sudah ada dihalaman website namun tetap ada dan muncul Kembali yang akan membuat para pengakses website ini kebingingan, dan ada beberapa menu yang terlalu bertele-tele dalam menjelaskan. Menurut saya juga, website resmi pemerintah Vancouver ini juga kurang dalam menarik perhatian para peng-akses website ini karena jenis E-government ini yang biasa tanpa adanya hal hal yang dapat memanjakan mata para peng-akses. Saran saya terhadap Website resmi pemerintah Kota Vancouver adalah disarankan agar mengoptimalkan lagi infromasi yang disediakan dalam website. Sehingga masyarakat dapat lebih mudah memahami informasi apa yang sebenarnya disampaikan. Serta sedikit menambahkan fitur-fitur yang dapat memanjakan masyarakat yang meng-akses website ini dikarenakan tidak hanya orng tua saja yang meng-akses website ini banyak dari semua kalangan juga meng-akses website resmi ini. 


Kerjasama Sister City Yang Dilakukan Antara Pemerintah Kota Vancouver Dengan Pemerintah Kota Yokohama 


    Sister City atau Kota Kembar merupakan hubungan kemitraan yang terjalin dalam konteks hubungan antar Kota dalam kerjasama yang saling menguntungkan dan saling membantu serta menganut prinsip perlakuan sama. Sister City juga adalah suatu bentuk kerjasama yang melibatkan Kota disuatu Negara dengan Kota di Negara lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan yang erat dan saling menguntungkan, Sister City dapat meningkatkan volume kerjasama dengan perkembangan di berbagai bidang kerjasama yang dianggap perlu bagi kesejahteraan masyarakat disuatu Kota. Kerjasama Sister City terbagi kedalam Kerjasama Budaya, Akademik, Pertukaran Informasi , Ekonomi dan lain sebagainya. Vancouver dan Yokohama menjadi Sister City atau kota kembar pada tahun 1965, kedua kota ini memiliki kemiripan perlakuan yang sama karna kedua kota ini telah menjadi kota pelabuhan penting bagi negara mereka sekitar akhir abad ke-19. Memang, hanya dalam 30 tahun atau lebih, Yokohama telah berkembang dari desa nelayan kecil dengan 100 keluarga menjadi pintu gerbang Jepang ke dunia dengan populasi 120.000. Sebagian besar budaya barat yang diimpor Jepang dan terobosan pertama ke dalam teknologi modern dibawa melalui kota ini. 

    Adapun Vancouver, telah dikenal sebagai "Kota Terminal" untuk koridor maritim Vancouver-Hong Kong yang terkenal dan karena menjadi perhentian paling barat di jalur kereta api Pasifik Kanada. Hal ini yang mendasari kedua kota ini melakukan Kerjasama dibidang Pelabuhan, Vancouver dan Yokohama mengoperasikan perjanjian pelabuhan kembar. Perjanjian ini dibuat pada tahun 1981. Sejak itu, seminar kepelabuhanan diadakan serta kegiatan pertukaran informasi. Pada peringatan 10 tahun kerja sama ini pada tahun 1991, Vancouver menawarkan tiang totem ke Yokohama untuk menghormati ikatan persahabatan mereka. Tiang totem masih bisa dikagumi di Nippon-Maru Memorial Park di Distrik Minato Mirai 21. Tidak hanya itu Yokohama dan Vancouver bekerja sama dibidang pertukaran yang paling aktif antara kedua kota adalah pendidikan. Contohnya, Universitas British Columbia dan Universitas Kota Yokohama memiliki perjanjian pertukaran akademik di mana mereka telah melakukan berbagai penelitian bersama, seminar bersama, dan kunjungan staf bersama. Selain pertukaran antar sekolah, kedua kota ini telah melakukan pertukaran antar perpustakaan sejak tahun 1992. 

    Perpustakaan Pusat Kota Yokohama dan Perpustakaan Umum Vancouver secara selektif bertukar buku dan publikasi untuk menjangkau warga dan memperkenalkan ikatan kota kembar dengan, misalnya, mengadakan pameran buku-buku tentang berbagai aspek kehidupan, tidak hanya kehidupan di kota kembar itu sendiri, tetapi juga di negaranya. Untuk memfasilitasi pertukaran antar kota, Komite Persahabatan YokohamaVancouver didirikan pada Agustus 1966. Komite yang berbasis di Yokohama ini berusaha untuk memperdalam pertukaran antara Yokohama dan kota kembarnya, Vancouver, dengan mengadakan berbagai kegiatan. Ini termasuk memperkenalkan kota Vancouver dan budayanya serta mengajarkan sejarah di balik ikatan antara kedua kota melalui produksi pamflet dan promosi produk dari Vancouver. Akhirnya, lembaran sejarah baru dalam pertukaran antara Vancouver dan Yokohama ditulis tidak lebih awal dari Januari 2013, ketika Mr. Burke Taylor, Presiden pendiri Creative City Network of Canada (CCNC) dan mantan Direktur Kantor Urusan Kebudayaan untuk Kota Vancouver, menghadiri pertemuan perdana Creative City Network of Japan (CCNJ) di Yokohama.

    Melalui pekerjaannya, CCNJ berusaha untuk membantu membangun kapasitas profesional perencanaan budaya lokal – dan dengan perluasan pemerintah daerah – untuk memelihara dan mendukung pengembangan budaya di komunitas mereka. 40 kelompok dan individu telah berkumpul untuk pendiriannya. CCNJ tentu saja menyambut baik saran CCNC dan ingin mengembangkan lebih jauh hubungan mereka dengan pelopor jaringan kota kreatif ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANALISIS KRITIS TERHADAP UN EGDI SURVEY : NEGARA KERAJAAN DENMARK

    Pada dasarnya Teknologi internet digunakan untuk menyediakan berbagai sumber daya online, mulai dari situs web pendidikan sederhana hing...